Pesawat air bus A-330 Jatuh, 30 Penumpang Tewas (Simulasi)

Jum’at pagi (3/6), Sebuah pesawat jenis airbus A-330 milik maskapai Angkasa Air Rute Singapura-Surabaya mengalami downdraft, jatuh terhempas dan terbakar di kawasan persawahan, dekat landasan pacu Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.

Pesawat yang membawa sekitar 195 penumpang ini, jatuh terhempas hingga keluar dari landasan pacu. Kerasnya hempasan dan benturan mengakibatkan pesawat terbakar. Korban yang selamat, berhamburan keluar karena takut pesawat akan meledak.

Maskapai Angkasa Air rute Singapura-Surabaya Downdraft di Juanda.

Akibat kecelakaan pesawat ini, 30 orang dinyatakan tewas, 75 luka berat dan 90 luka ringan. Sementara mobil pemadam kebakaran yang tiba di lokasi kecelakaan, beberapa menit kemudian langsung melakukan pemadaman api.

Akibat Jatuhnya Pesawat, 30 penumpang dinyatakan tewas, 75 luka berat dan 90 luka ringan.

Demikian pula petugas bandara, personil TNI AL, Personil Basarnas dan tim kesehatan juga segera dating menolong korban kecelakaan pesawat. Belasan unit ambulan dari berbagai instansi di Surabaya dan Sidoarjo dikerahkan ke lokasi untuk segera membawa korban kritis ke rumah sakit.

Upaya pertolongan serupa juga diberikan kepada korban yang mengalami luka ringan dan korban meninggal dunia. Namun demikian, pemandangan dari kejadian ini merupakan kegiatan pembekalan simulasi gabungan penanganan korban kecelakaan pesawat, yang diprakarsai pihak angkasa pura 1 bandara Juanda, Sidoarjo. Simulasi ini sebagai latihan agar tim keselamatan Bandara senantiasa tanggap dan waspada jika terjadi kecelakaan pesawat atau bencana alam. (marksman)