Pakistan Mungkin Membangun Pesawat Tempur Siluman Berbasis dari J-31 China - JakartaGreater

Pakistan Mungkin Membangun Pesawat Tempur Siluman Berbasis dari J-31 China

Kepala Staff Angkatan Udara Pakistan (PAF) telah menggariskan rencana untuk membangun pesawat tempur generasi terbaru buatan Pakistan sendiri dengan dukungan teknisi dan industri Pakistan yang lebih besar dan berharap untuk mewujudkannya di bawah program Visi 2030.

Dalam sebuah wawancara dengan siaran nasional PTV, Marsekal Udara Sohail Aman mengatakan Visi 2030 bertujuan untuk membuat di dalam negeri sendiri sistem avionik, sistem komunikasi, subsistem lainnya dan komponen untuk pesawat tempur generasi kelima.

Sohail mengakui ada tantangan dari segi anggaran dan penelitian, tetapi menyatakan sumber daya manusia dan infrastruktur Pakistan sedang dikembangkan untuk memastikan bahwa 10 sampai 15 tahun dari sekarang tujuan itu dapat dicapai.

Pendukung utama dalam program Visi 2030 adalah Pakistan Aeronautical Complex di Kamra, pabrik industri penerbangan Pakistan yang akan memiliki fasilitas pendidikan tinggi untuk meningkatkan dan memelihara bakat dalam proses membangun sendiri pesawat tempur generasi kelima Pakistan.

Shenyang J-31 buatan China (atau pengembangan J-31) sangat mungkin untuk menjadi pilihan pesawat tempur generasi kelima Pakistan. Penulis, analis dan mantan pilot Angkatan Udara Kaiser Tufail percaya hal ini masih belum jelas, namun “penekanan pada desain dalam negeri” sangat serius.

Tinggalkan komentar