Mesin F-35 Sedikit Lebih Bising dari F-16

Warga Belanda sebelumnya khawatir F-35 akan bersuara lebih bising daripada F-16, pengujian terbaru menunjukkan keduanya memiliki tingkat kebisingan yang tidak berbeda jauh.

Selama pengujian kebisingan suara mesin F-35 dan F-16 akhir bulan lalu, warga di dekat Leeuwarden dan Volkel, dua pangkalan udara Belanda yang akan menerima F-35, menemukan suara F-35 Joint Strike Fighter hanya sedikit lebih keras.

Warga disekitar pangkalan menyatakan, F-35 sedikit lebih bising dari F-16, tapi tidak jauh lebih bising seperti yang mereka bayangkan sebelumnya, dan tidak menjadi masalah bila mereka harus hidup di lingkungan dekat kebisingan F-35.

Pengujian berlangsung pada 26 Mei, setelah Belanda menerima batch awal dua F-35 yang diterbangkan dari Edwards Air Force Base, California pada 23 Mei lalu.

Angkatan Udara Belanda melakukan dua penerbangan dengan F-35, dengan afterburner penuh selama lepas landas, diikuti beberapa menit kemudian oleh F-16. Dua pesawat tempur tersebut terbang sekali di sore hari dan sekali di malam hari.

Dalam sebuah survei online, warga diberi pertanyaan yang sangat sederhana: Apakah suara lebih keras atau lebih rendah dari biasanya? Apakah anda bisa betah? Apakah Anda mengalami getaran lebih? Dari 1.500 warga yang terdaftar dalam survei, 1.000 keluarga turut berpartisipasi dalam survey itu.

Perbedaan kebisingan antara dua pesawat tersebut berbeda sekitar tiga desibel, dan Belanda puas dengan hasil pengujian kebisingan karena sebelumnya warga takut F-35 akan bersuara jauh lebih keras daripada F-16 karena memiliki mesin yang lebih besar. Penduduk sekitar memang mengalami sedikit getaran lebih pada F-35 daripada dengan F-16.

Angkatan Udara Belanda tidak memiliki rencana untuk pengujian kebisingan suara mesin lebih lanjut. minggu depan F-35 akan menjalani tes untuk mengetahui kesesuaian F-35 dengan hanggar di lapangan udara Belanda. Pesawat juga akan berpartisipasi dalam misi pelatihan, dan tim penguji akan mulai melihat jejak logistik F-35.

F-35 Belanda kemungkinan akan berpartisipasi dalam air show Leeuwarden pada 10-11 Juni, di mana F-35 akan dipamerkan statis atau kemungkinan melakukan pertunjukan udara.

F-35 akan membuat debut internasional resminya di Royal International Air Tattoo dan Farnborough Air Show di Inggris bulan depan.

defenceNews