Vietnam Berniat Membeli Tank Modern T-90MS

Media online Sina (Cina) baru-baru ini melaporkan bahwa Tentara Rakyat Vietnam sedang mempertimbangkan pembelian MBT Rusia T-90MS, dengan rencana awal untuk membeli 28 unit. Pasukan lapis baja Vietnam membutuhkan setidaknya 200 tank baru.

Sina Network mengatakan bahwa Angkatan Darat Vietnam selama bertahun-tahun tidak terfokus pada modernisasi. Hal ini karena fakta bahwa Vietnam harus fokus membekali angkatan laut dan angkatan udara, dikarenakan kesulitan anggaran, sehingga investasi untuk tentara darat tidak kuat.

Tank T-90MS

Oleh karena itu, kekuatannya akan ditingkatkan -lapis baja Vietnam sampai saat ini terutama menggunakan T-54/55 dan T-62 yang dianggap ketinggalan jaman. Tidak hanya itu, tank Vietnam mundur bila dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Thailand -telah mengimpor T-84-T Oplot Ukraina, Cina, telah dilengkapi tank Type 99 yang dianggap terkemuka di dunia modern.

Untuk mengimbangi sebagian kesenjangan dalam pasukan lapis baja, Vietnam memiliki solusi untuk meng-upgrade sejumlah tank T-54/55. Tapi tetap tidak bisa memenuhi persyaratan perang modern.

Pada awal 2000-an, Vietnam dikatakan memiliki niat untuk membeli 150 tank T-72M1 – versi ekspor dari T-72 untuk negara-negara Eropa Timur, no armor ERA, downgraded fire control system. However, dan rencana ini tidak berhasil.

Beberapa informasi mengatakan bahwa Vietnam akan membekali tank T-90MS untuk unit ditempatkan di wilayah utara.

Tank T-90MS

T-90MS adalah versi upgrade dari modernisasi tank T-90S untuk ekspor. Dibandingkan dengan T-90S tua, T-90MS dilengkapi dengan mesin yang lebih kuat dengan kapasitas hingga 1.130 tenaga kuda, kontrol senjata otomatis dan dilengkapi senjata UDP 7,62mm T05BV-1, dilengkapi dengan reaktif armor Era jenis baru dengan sistem ledakan elektronik dan lebih modern. Secara khusus, amunisi dalam kendaraan didesain ulang untuk meningkatkan kelangsungan hidup bagi awak tank, jika terjadi ledakan peluru musuh menghantam tank T-90MS .

Datviet.com