Home » Alutsita Canggih » Tentara Perempuan AS Menang Miss USA 2016

Tentara Perempuan AS Menang Miss USA 2016

Anggota militer Amerika Serikat (AS), Deshauna Barber, keluar sebagai pemenang Miss USA 2016, ajang kecantikan yang digelar di T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu malam (5/6/2016). Prajurit angkatan darat perempuan berpangkat letnan ini berhasil menyisihkan dua pesaingnya, yakni Miss Hawaii dan Miss Georgia. Penobatan Barber sebagai Miss USA 2016 ini otomatis akan membawanya maju mewakili AS di ajang pemilihan ratu sejagat, Miss Universe 2016.

Barber berhasil lolos sebagai pemenang karena perempuan 26 tahun ini dinilai memiliki jawaban yang cerdas saat sesi tanya jawab. Ia menilai bahwa seorang perempuan memiliki kesempatan yang sama dalam militer di AS. Perempuan asal Northeast, Washington DC ini juga memuji langkah pemerintah AS yang telah mengintegrasikan peran perempuan dalam setiap cabang militer AS.

“Sebagai perempuan di militer AS, saya pikir kami sama kuatnya dengan pria. Sebagai komandan unit, saya berkuasa, saya berdedikasi. Jenis kelamin tidak membatasi kami di AS,” ujar Barber dalam pidato kemenangannya di Las Vegas, seperti dikutip dari militarytimes, Senin (6/6/2016).

Perempuan berkulit eksotis ini berencana menggunakan gelarnya sebagai Miss USA untuk mendukung pencegahan masalah bunuh diri di kalangan veteran tentara AS dan penuntasan gangguan stres post-traumatic di antara anggota militer.

Pada situs Miss USA 2016 tertulis, Barber bertugas melayani tentara AS, baik wanita maupun pria. Barber juga dikenal sebagai salah satu ahli IT perempuan, yang bekerja di U.S. Department of Commerce. Sarjana manajemen bisnis Universitas Virginia State ini juga bertugas sebagai Logistics Commander untuk 988th Quartermaster Detachment Unit di Fort Meade, Maryland, AS.

Barber sebenarnya lahir di Columbus, Georgia. Namun, ayahnya yang berprofesi sebagai tentara membuatnya kerap kali berpindah tempat tinggal, mulai dari North Carolina, Nebraska, Minnesota, Virginia, hingga akhirnya menetap di Washington DC. Melihat profesi ayahnya sebagai tentara, Barber pun kemudian tertarik untuk menjadi anggota militer AS.

Untuk ke depannya, Miss USA 2016 ini akan mengambil cuti dari tugas kemiliteran demi menjalani masa karantina sebagai kandidat Miss Universe. Kemenangan Barber sebagai Miss USA ini pun langsung menjadi topik hangat di media sosial. Pasalnya, Barber menjadi anggota militer AS pertama yang memenangkan kontes kecantikan.