Home » Alutsita Canggih » Penyebab Gripen Jatuh Masih Belum Diketahui

Penyebab Gripen Jatuh Masih Belum Diketahui

Ceko tidak bisa disalahkan atas kecelakaan sebuah pesawat tempur Gripen milik Angkatan Udara Hungaria di Caslav, Bohemia pada tahun 2015 lalu, kata Jiri Caletka juru bicara Kementerian Pertahanan Ceko, tetapi tidak akan menguraikan hasil penyelidikan.

Otoritas Ceko telah menyerahkan hal tersebut kepada Hungaria.

Sebuah pesawat tempur JAS-39 Gripen jatuh di bandara Caslav saat mendarat pada 15 Mei, Gripen gagal berhenti dan berakhir di luar lapangan terbang. Kedua pilot berhasil menyelamatkan diri, sedangkan Gripen itu mengalami kerusakan parah.

Tak lama setelah kecelakaan itu, pilot Hungaria mengaku membuat kesalahan. Pilot diduga tidak memperlambat kecepatan pesawat saat mendarat.

Kementerian Pertahanan Ceko belum merilis hasil penyelidikan insiden tersebut, dan menyatakan hanya pihak Hungaria yang dapat memberikan informasi rinci tentang hasil penyelidikan insiden kecelakaan Gripen miliknya.

Diduga perangkat elektronik Gripen sedang dimatikan setelah mendarat dan pilot seharusnya menggunakan kontrol manual untuk memperlambat kecepatan pesawat, namun entah bagaimana hal itu tidak dilakukan.

Jet tempur Gripen itu dikemudikan oleh salah satu pilot pesawat tempur Hungaria yang paling berpengalaman, yakni Jendral Csaba Ugri.

praguemonitor.com