Foto Serangan Bom Mobil yang Menghantam Pasukan PBB China

Satu tentara penjaga perdamaian PBB asal Cina tewas dan empat lainnya terluka dalam serangan di Mali utara yang diklaim dilakukan oleh militan al-Qaeda cabang Afrika Utara

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying mengatakan insiden serangan teroris itu ditujukan untuk pasukan penjaga perdamaian PBB, dan pihaknya menuntut penyelidikan untuk bisa membawa para pelaku ke pengadilan.

Pasukan Cina adalah bagian dari misi penjaga perdamaian PBB yang telah ditempatkan di Mali utara selama tiga tahun sejak para separatis bergabung Al Qaeda untuk merebut wilayah itu dari pemerintah di Bamako.

China mengirimkan 3.000 pasukan penjaga perdamaian yang tersebar di 10 negara konflik, termasuk 2.400 personel yang ditempatkan di Afrika. Kebanyakan adalah tenaga insinyur, ahli transportasi, polisi dan staf medis. Pasukan yang dikirim ke Mali pada tahun 2014 adalah pasukan tempur China pertama yang dikirimkan keluar negeri. Presiden Xi Jinping berjanji pada bulan September untuk memberikan 8.000 personil untuk operasi penjaga perdamaian PBB.

Analis mengatakan kemungkinan akan lebih banyak korban jatuh di pasukan PBB Cina tidak dapat dihindari seiring dengan semakin besarnya kontribusi Beijing dalam pengiriman pasukan perdamaian PBB.

Juru bicara Kementerian Pertahanan China, Wu Qian mengaku “terkejut oleh serangan teroris” namun China akan terus mendukung operasi penjaga perdamaian PBB.

ChinaDefenceBlog