Home » Alutsita Canggih » Jerman Ajak Sekutu Operasikan C-130 Hercules

Jerman Ajak Sekutu Operasikan C-130 Hercules

Kementerian Pertahanan Federal Jerman tengah melakukan negosiasi dengan sejumlah negara untuk bersama-sama mengoperasikan pesawat C-130 Hercules. Menurut keterangan dari salah seorang sumber yang enggan disebutkan identitasnya, diskusi berlangsung dengan negara-negara yang juga memiliki C-130 Hercules dalam inventaris alutsistanya, antara lain Belanda, Amerika Serikat (AS), Inggris dan Perancis. AS sendiri telah mengoperasikan puluhan lebih C-130 Hercules dari 86th Airlift Wing dari landasan udara Jerman.

Angkatan Udara Jerman tengah berupaya mendorong pesawat angkut dengan ukuran yang lebih kecil dari Airbus A400M untuk beroperasi di lapangan udara yang kecil dan minim fasilitas pendukung sistem pertahanan udara. Hal ini sebagai evaluasi dari pengiriman pasukan tentara Jerman ‘Bundeswehr’ ke Mali, Afrika. Pesawat Airbus yang sebelumnya dioperasikan dianggap kurang cocok untuk kebutuhan pasukan khusus.

Tahun 2021 mendatang, armada pesawat C-160 Transall – pesawat angkut bermesin ganda mirip dengan hercules – akan pensiun karena telah usang. Dengan demikian, Jerman diprediksi akan menghadapi kesenjangan kemampuan alutsista.

Salah sumber tersebut menambahkan bahwa pembicaraan dengan Perancis sudah dalam tahap lanjutan. Pasalnya, negara tetangga Jerman ini belum lama juga memesan armada tambahan C-130 untuk mengisi kekurangan yang disebabkan dengan tertundanya pengiriman A400Ms dan telah usangnya armada Transall milik Perancis.