Jan 052018
 

dok.Helikopter Apache AH-64E Guardian TNI AD. © Taz Imansyah

Semarang, Jakartagreater.com – Delapan helikopter Apache akan melengkapi kekuatan alat utama sistem pertahanan (Alutsista) Skadron 11/ Serbu Semarang.

“Tiga unit sudah datang akhir Desember 2017, sisanya 5 unit segera datang,” kata Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat Mayjen TNI Besar Harto Karyawan di sela kunjungannya pada Kamis 4 Januari 2018 di skuadron yang berlokasi di Pangkalan Udara Utama TNI Angkatan Darat (Lanumad) Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah.

Menurut Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, penambahan heli tempur buatan Amerika Serikat tersebut merupakan bagian dari peremajaan Alutsista. Ia mencontohkan Skuadron 31/ Serang yang diperkuat dengan helikopter buatan Rusia jenis MI 35 dan MI 17.

Sementara untuk Skadron 11/ Serbu, selain akan diperkuat dengan Apache, sebelumnya skadron ini sudah menyiagakan heli lain buatan Amerika Serikat, yakni Bell 412. Penguatan Alutsista, lanjut Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, juga dilakukan melalui pengadaan 5 pesawat CN 295 serta helikopter Fennec sebanyak 12 unit.

Mayjen TNI Besar Harto Karyawan menambahkan pengadaan heli Fennec tersebut nantinya akan menggantikan heli jenis Bolco yang dinilai sudah uzur. Dalam kunjungannya tersebut, Danpuspenerbad Mayjen TNI Besar Harto Karyawan menyempatkan diri untuk terbang dengan menggunakan heli MI 35 mengitari wilayah Semarang dan sekitarnya.  (Antara)