Jul 252018
 

Pesawat F-16 TNI AU (photo: TNI AU)

Kupang – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan Indonesia mengirim delapan pesawat tempur untuk mengikuti latihan tempur di Darwin, Australia yang diberi nama “Exercise Pitch Black Royal Australia Air Force” (RAAF).

“Kita kirimkan delapan pesawat tempur jenis F-16 buatan Amerika untuk mengikuti kegiatan tersebut,” kata Panglima TNI kepada wartawan di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu, 25-7-2018, dirilis Antara. Hal ini disampaikannya saat berkunjung selama satu jam ke Pangkalan Udara (Lanud) El Tari Kupang, sebelum kemudian bertolak ke Australia.

Sejumlah pesawat tempur itu sudah bertolak terlebih dahulu ke Darwin Australia untuk mempersiapkan diri sebelum nantinya pada Senin 30 Juli 2018 nanti akan mengikuti latihan tempur tersebut yang akan dihadiri juga oleh 16 negara. Pesawat tempur F-16 itu merupakan pesawat tempur milik Indonesia dari Skuadron 3 Lanud Iswahjudi Magetan, Jawa Timur.

Namun menurut Panglima TNI, keberangkatannya ke Australia sebenarnya bukan untuk menghadiri kegiatan Pitch Black tersebut. “Saya ke Australia bukan untuk itu. Tetapi menghadiri Haigh Level Comitte (HLC) yang merupakan pertemuan tahunan antara Indonesia dengan Australia,” katanya.

Pertemuan tersebut membahas berbagai hal mulai dari logistik, personel, intelijen serta hal-hal yang berkaitan dengan keamanan. Terkait “Pitch Black” itu, dia berharap agar sejumlah pasukan Indonesia bisa mendapatkan hasil yang baik dalam latihan tempur 2 tahunan itu.

jakartagreater.com

  7 Responses to “8 Pesawat F-16 TNI AU Ikuti Pitch Black 2018”

  1.  

    Tgl kedepan F16V yg ikutan latihan itupun klu jd kebeli.he3

  2.  

    ikut latihan dan mengalah sj.
    untung sukhoi nya ga di bawa.

  3.  

    India,vietnam & indonesia terancam sanksi oleh AS jika masih berhubungan dgn Rusia.siap2 arsenal blok barat jdi besi tua.

  4.  

    waduuu gawat jgn2 ntar f16 kt dijadiin target tembak lagi, mau terbang nyungsep lg ntar disono, gawat2