Home » Alutsita Canggih » Universitas di Inggris Kembangkan Teknologi Pengendali Tempur Virtual

Universitas di Inggris Kembangkan Teknologi Pengendali Tempur Virtual

Universitas Birmingham di Inggris sedang membangun sebuah teknologi virtual untuk militer. Teknologi ini nantinya digunakan untuk mengatur serta mengeksplorasi zona penyerangan dari pangkalan militer. Nantinya, para petinggi militer tidak perlu lagi menugaskan komandan tempur untuk terjun ke lapangan. Mereka cukup menggunakan perangkat portable. Perangkat tersebut dibuat menggunakan teknologi virtual reality. Untuk sistem kontrolnya menggunakan drone dangan kualitas gambar 3D.

Sistem virtual tersebut seperti oculus rift yaitu teknologi yang digunakan pada kacamata pintar seperti pada video game. “Kami telah melihat teknologi virtual dan augmented reality menjadi lebih umum dalam produk konsumen. Kemungkinkan produk ini juga akan ditawarkan kepada angkatan bersenjata sebagai senjata yang sangat menarik,” jelas Nick Colosimo, peneliti dari BAE System.

Tidak hanya untuk pertempuran darat, teknologi ini juga bisa digunakan untuk pesawat tempur, yang juga dikendalikan menggunakan kacamata pintar.Yang pasti teknologi ini dapat menghemat biaya tempur, karena perangkat yang digunakan mampu bertahan hingga 20 tahun. Tapi sabar, teknologi virtual reality ini baru akan di uji coba empat tahun mendatang.