Test Flight SU-30 MK2 Sukses

Makassar – Mesin jet tempur Sukhoi SU-30 MK2 meraung-raungdi langit Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (7/6/2016). Jet tempur canggih itu pun bergerak cepat melesat dengan berbagai manuver. Test flight pesawat tempur Sukhoi SU-30 MK2 tail number TS-3006 dilaksanakan selama sehari.

Pesawat Sukhoi TS-3006 sebelumnya menjalani perawatan tingkat berat di Belarusia dan tiba di Lanud Sultan Hasanuddin pada 26 Mei lalu. Pesawat ini kemudian menjalani perakitan di Skadron Teknik 044 oleh tim teknisi langsung dari Rusia bekerjasama dengan para teknisi dari Skadron Teknik 044 Lanud Sultan Hasanuddin.

Sukhoi SU-30 MK2 (Dispen AU)

Sukhoi SU-30 MK2 buatan Komsomolskna Amure Aircraft Production Association, Rusia itu, sengaja melakukan test flight untuk meyakinkan seluruh fungsi teknis berjalan dengan normal, pasca perakitan kurang lebih dua Minggu. Test flight, dimulai dengan pelaksanaan briefing penerbangan yang dihadiri Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Nanang Santoso beserta Staf, 2 pilot test flight dan crew pesawat dari Rusia masing-masing Danis dan Pavel, para penerbang tempur Skadron Udara 11, serta petugas PLLU dan Meteorologi Lanud Sultan Hasanuddin.

Test Flight dilakukan 2 shorty, pertama dipiloti penerbang Rusia Danis dan Pavel, kemudian pada shorty kedua dipiloti langsung Komandan skadron Udara 11 dan Komandan Wing 5. Test flight Sukhoi TS-3006 kurang lebih selama 1 jam, dilaksanakan tepat di ruang udara Lanud Sultan Hasanuddin dan sekitarnya. Pelaksanakan beberapa manuver di udara, disaksikan langsung para Kepala Dinas serta Pejabat Staf Lanud Sultan Hasanuddin, tak lupa gemuruh tepuk tangan mengiringi test flight Sukhoi yang berjalan lancar dan sukses.

Jitunews.com