Dua Jet Tempur F-16 Amerika Serikat Tabrakan Saat Lakukan Misi Latihan

Dua jet tempur Garda Udara Nasional South Carolina Amerika Serikat bertabrakan di wilayah udara negara bagian Georgia pada Selasa malam waktu setempat. Para pilot dari jet tempur F-16C tersebut berhasil menyelamatkan diri dalam kejadian itu.

Komandan 169 Fighter Wing di McEntire Joint National Guard Base, Kolonel Nicholas Gentile Jr., mengatakan bahwa dua jet tempur F-16C itu jatuh di hutan Jefferson County saat sedang melakukan misi latihan. Kedua pilot dibawa ke sebuah rumah sakit terdekat di Georgia.

“Mereka sekarang dengan keluarganya. Kedua pilot selamat dan berada dalam kondisi yang baik,” kata Kolonel Gentile, Kamis (09/06).

Otoritas setempat mengaku sudah menemukan sebagian besar puing jet tempur yang bertabrakan. Hingga saat ini, penyebab kecelakaan masih belum diketahui dan penyelidikan masih berlangsung. Unit terbang kedua pilot tersebut ditangguhkan operasinya sementara selama penyelidikan.

Jet tempur F-16C merupakan tipe pesawat yang digunakan untuk latihan manuver terhadap musuh. Jet ini pernah diturunkan dalam operasi militer saat Perang Teluk Persia pada tahun 1990-an.

Tabrakan dua jet tempur Amerika Serikat ini terjadi hanya beberapa hari setelah jet tempur F-16 Angkatan Udara Amerika Serikat jatuh dalam atraksi pada upacara wisuda mahasiswa Akademi Angkatan Udara di Colorado Springs.

Sumber: CNN Indonesia dan Sindo News