Amerika Serikat Kirim Dua Kapal Induk ke Laut Tengah

Amerika Serikat meningkatkan kekuatan militernya di Laut Tengah dengan mengirimkan dua kapal induknya ke wilayah tersebut. Kapten Angkatan Laut Loren Terry mengatakan bahwa kapal induk USS Dwight D. Eisenhower tiba di bagian barat kawasan itu pada hari Rabu (08/06), sedangkan kapal induk USS Harry S. Truman berada di bagian timur Laut Tengah.

Juru bicara Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Letnan Kolonel Michelle Baldanza, menjelaskan bahwa kedua kapal induk itu memikul tanggungjawab yang tumpang-tindih di wilayah Laut Tengah selama sekitar dua setengah minggu sebelum kapal Truman kembali ke Amerika Serikat.

A general view shows the nuclear-powered aircraft carrier USS Harry S. Truman at an undisclosed position in the Mediterranean Sea. (AP)
Seorang pejabat pertahanan Amerika Serikat mengatakan kepada VOA bahwa kapal Eisenhower akan membantu Operasi Inherent Resolve, operasi koalisi yang dipimpin Amerika untuk mengalahkan kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Namun, belum jelas dari lokasi mana kapal Eisenhower akan melakukan serangan terhadap kelompok ISIS.

Di sisi lain, peningkatan kehadiran militer Amerika Serikat di Laut Tengah bisa meningkatkan ketegangan dengan Rusia. Rusia telah mengerahkan kekuatan Angkatan Laut termasuk kapal-kapal perang dengan rudal jelajah di Laut Tengah demi membela sekutunya, Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Sumber: VOA Indonesia