Home » Alutsita Canggih » F-16 Kini Memiliki Kemampuan Lebih Sebagai “Armoured Killer”

F-16 Kini Memiliki Kemampuan Lebih Sebagai “Armoured Killer”

Pesawat tempur F-16 akan dilengkapi dengan senjata Advanced Precision Kill Weapon System (APKWS) buatan BAE Systems. Ini adalah pertama kalinya Angkatan Udara AS menggunakan senjata APKSW pada F-16 .

Senjata roket dipandu laser tersebut saat ini sedang digunakan mendukung operasi militer di Irak dan Afghanistan.

Sebelumnya Korps Marinir AS memasangkan roket APKWS pada pesawat AV-8B Harrier dan Angkatan Darat AS mempersenjatai helikopter AH-64 Apache dengan roket ini, AD juga berencana untuk mengintegrasikannya dengan helikopter serang ringan AH-6 Little Bird.

Advanced Precision Kill Weapon System (APKWS) juga dikenal sebagai Laser-Infrared Guided Rocket (LiGR) adalah roket Hydra 70 yang digabungkan dengan kemampuan bimbingan laser dan inframerah, mengubahnya menjadi amunisi presisi (Precision-Guided Munitions -PGM) anti kendaraan lapis baja ringan.

APKWS lebih murah dan juga lebih ringan daripada rudal bimbingan laser, memiliki daya ledak yang lebih rendah, lebih cocok untuk menghindari kerusakan berat pada bangunan disekitar target, dan membutuhkan waktu lebih cepat bagi personil untuk memuat dan membongkar roket APKWS.

Tags: