Prestasi Luar Biasa Vietnam, Membuat Rudal KCT-15

Kelompok rudal taktis Rusia (KTRV) melaporkan, mereka telah mentransfer teknologi minimal 3 desain varian rudal atas permintaan Vietnam. Namun belum jelas berapa besar tingkat kontribusi Vietnam untuk itu, tetapi informasi yang diketahui rudal akan diproduksi di Vietnam dengan jumlah yang sangat besar, hingga hampir 3000 rudal KCT-15. Vietnam juga akan memiliki hak ekspor ke negara manapun yang membutuhkan, seperti India dengan rudal Brahmos-nya.

Rudal anti kapal KCT-15 dan peluncur eksternalnya, sangat mirip dengan rudal anti kapal 3M24-E (Kh-35E) Uran-E buatan Rusia. Rudal KCT-15 ini tampak pertama kali tahun 2013, dimana Vietnam mulai memasuki transfer teknologi rudal Uran-E dari Rusia, mengembangkan, dan kini untuk pertama kali telah dimunculkan resmi ke publik.

Anti-ship missile Kh-35E Uran-E

Menurut beberapa ahli militer, rudal anti kapal Uran-E Vietnam dihasilkan lewat terapan teknologi terbaru dari Uran-UE Rusia.

Yang paling penting dari Ural-UE adalah akan dilengkapi dengan mekanisme bimbingan baru, dilengkapi dengan referensi melalui satelit, serta optimalisasi orbit, sehingga meskipun rudal dan hulu ledak ukurannya tidak berubah tetapi jangkauan Uran- UE telah meningkat menjadi 260 km.

Anti-ship missile Kh-35UE (Ural-UE)

Untuk rudal KCT-15 Vietnam, telah muncul informasi bahwa daya jangkau rudal ini dinaikkan menjadi 300 km dan membawa 300 kg hulu ledak (dibandingkan dengan jangkauan 130 km dan 145 kg hulu ledak, dari rudal yang asli).

Untuk membawa hulu ledak seberat dua kali lebih, maka rudal ini harus diperluas untuk memiliki lebih banyak ruang untuk memuat bahan bakar dan hulu ledak, mesin juga harus lebih kuat dan lebih besar.

Dengan demikian, Rudal KCT 15 anti-kapal Vietnam diproduksi dengan mesin baru Ural-UE untuk jangkauan diperpanjang (260-300 km) dan menambahkan algoritma navigasi canggih, termasuk menggunakan satelit, sehingga memiliki presisi tinggi.

Harus dikatakan ini adalah prestasi yang sangat luar biasa dari industri pertahanan Vietnam. Keberhasilan produksi rudal anti-kapal KCT 15 telah memberikan kontribusi untuk meningkatkan kemampuan Angkatan Laut Vietnam, membantu melindungi kedaulatan pulau, khususnya di wilayah Timur yang disengketakan.

Todaynews24h.com