Home » Militer Indonesia » AS Khawatir Kemajuan teknologi Kapal Selam Rusia

AS Khawatir Kemajuan teknologi Kapal Selam Rusia

Menulis Isu bulan Juni di majalah US Naval Institute’s, Laksamana Madya Angkatan Laut AS James Foggo III, Komandan Armada 6 AS dan Panglima Striking and Support Forces NATO, bersama dengan Dr. Alarik Fritz, menyatakan bahwa kekuatan kapal selam Rusia yang efektif, terampil , dan berteknologi maju yang beroperasi di Atlantik mengancam hegemoni AS dan NATO.

Patroli kapal selam Rusia tumbuh 50 persen sejak tahun 2013, Foggo mengatakan kapal selam Federasi Rusia adalah salah satu ancaman paling sulit yang dihadapi Amerika Serikat.

Foggo menambahkan Rusia kini menempatkan “Arc of Steel” (penyebaran kapal selam) dari Kutub Utara melalui Baltik dan turun ke Laut Hitam yang memberikan Rusia kemampuan kuat untuk menahan pasukan maritim NATO.

“Tidak ada lagi ruang maritim yang tidak terbantahkan. Untuk pertama kalinya dalam hampir 30 tahun, Rusia adalah kekuatan maritim yang signifikan dan agresif, “tulis Foggo.

Salah satu tanggapan terhadap kemajuan adalah kehadiran lebih aktif kapal perang dan kapal selam AS di Eropa. Kebijakan ini tampaknya telah dilakukan AS dengan mengerahkan dua kapal induk di Laut Mediterania bersama dengan kapal selam Los Angeles class, USS Springfield.

Kapal selam nuklir USS Springfield dan kedua kapal induk AS tiba di Eropa menjelang pertemuan puncak NATO di Warsawa dan latihan BALTOPS 2016 NATO dan sekutunya di Laut Baltik.

NavalToday