Presiden Obama Menyetujui Peran Lebih Luas Militer Amerika Serikat di Afghanistan

Setelah melalui perdebatan berbulan-bulan, Presiden Barack Obama akhirnya menyetujui peran yang lebih luas bagi militer Amerika Serikat di Afghanistan. Peningkatan peran tersebut berkaitan dengan pemberian bantuan terhadap pasukan lokal untuk memerangi Taliban.

Peran lebih luas bagi militer Amerika Serikat ini tidak melibatkan pasukan darat, namun akan memungkinkan peningkatan serangan udara terhadap Taliban bila diperlukan. Pasukan Amerika Serikat juga akan lebih fleksibel dalam cara mereka bermitra dengan pasukan Afghanistan.

Keputusan Presiden Obama itu mendefinisikan kembali peran militer Amerika Serikat di Afghanistan lebih dari setahun setelah pasukan tempur internasional menuntaskan misi mereka, meninggalkan pasukan Afghanistan untuk memerangi Taliban.

Sebelumnya, Presiden Obama juga telah menyampaikan bahwa akan ada pengurangan jumlah pasukan Amerika Serikat di Afghanistan menjadi 5.500 tentara pada tahun 2017 mendatang.

Perjuangan Afghanistan melawan Taliban semakin sengit dalam beberapa bulan terakhir. PBB mengatakan bahwa 3.545 warga Afghanistan tewas dan 7.457 luka-luka pada tahun 2015, sebagian besar di tangan Taliban.

Sumber: VOA Indonesia