Home » Alutsita Canggih » Gripen yang Pantang Menyerah di India

Gripen yang Pantang Menyerah di India

Marsekal Arup Raha, Komandan Angkatan Udara India melakukan perjalanan resmi ke Swedia dan telah melakukan uji terbang dengan pesawat tempur Gripen, sebuah langkah yang datang pada saat Pemerintah India dalam proses pemilihan pesawat tempur di bawah inisiatif ‘Make in India’.

Arup Raha mengunjungi fasilitas Gripen Saab di Linkoping, Swedia kemarin, dan menerbangkan jet tempur Gripen D dengan Wing Commander Michael Lundquist.

Arup Raha melakukan tur lima hari di Swedia sebagai bagian dari diskusi kerjasama kedirgantaraan dan pertahanan antara kedua negara setelah pertemuan “Make in India” antara Perdana Menteri India Narendra Modi dan Perdana Menteri Swedia Stefan Löfven selama KTT India di Mumbai Februari .

Swedia dan Saab telah menawarkan Gripen untuk di produksi di India.

Menteri Pertahanan Manohar Parrikar baru-baru ini mengatakan India akan memilih satu pesawat tempur terbaik pada akhir tahun fiskal ini dan akan dibuat di dalam negeri India.

Manohar belum memutuskan pesawat mana yang akan dipilih, mungkin F18, Rafale, Eurofighter atau Gripen. “Keputusan dalam hal ini akan diambil di tahun fiskal ini,” tegasnya.

NDTV.com

Tags: