Home » Militer Indonesia » Srilanka Segera Diperkuat Kapal Patroli Canggih

Srilanka Segera Diperkuat Kapal Patroli Canggih

Perusahaan Goa Shipyard Limited (GSL), India meluncurkan kapal patroli lepas pantai canggih (OPV) untuk Angkatan Laut SriLanka pada 10 Juni.

Acara peluncuran di Goa dihadiri oleh Sekretaris Kementerian Pertahanan, Eng. Karunasena Hettiarachchi dan Mrs. Wasantha Gunawardena bersama dengan Panglima Angkatan Laut, Laksamana Madya Ravindra Wijegunaratne, hadir dalam kesempatan yang menandai tonggak baru dalam sejarah Angkatan Laut Sri Lanka.

Dengan panjang 105 meter dan lebar 13,6 meter, kapal perang ini berharga US$ 74.000.000 ungkap pihak Angkatan Laut SriLanka.

Berbobot 2.350 ton dan dilengkapi helipad, kapal mampu menampung 18 perwira dan 100 pelaut, dan dapat beroperasi dengan jangkauan hingga 4.500 mil laut.

Kapal ini nantinya akan dilengkapi dengan sistem navigasi, komunikasi dan sistem sensor paling maju dan canggih. Fitur khusus lainnya adalah Integrated Bridge System (IBS), Integrated Machinery Control System (IMCS), dan high power External Fire Fighting.

Kapal juga dilengkapi penginderaan “Infra Red Surveillance System” yang memberikan kemampuan tambahan awak kapal untuk mendeteksi target di malam yang sulit dideteksi radar karena ukurannya yang kecil atau disaat cuaca buruk.

kapal juga dilengkapi lima kapal boat kecepatan tinggi untuk Search & Rescue, penegakan hukum maritim, pengawasan ZEE, untuk daya dorongnya diperkirakan akan dilengkapi dengan mesin diesel ganda 8000 hp untuk kecepatan maksimum hingga 25 knot.