Amerika Serikat Operasikan Jet Tempur dengan Laser-Guided Rockets

Dalam serangan udara yang masih berlangsung di Irak dan Afghanistan, Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) untuk pertama kalinya mengoperasikan pesawat tempur yang dilengkapi amunisi dipandu laser.

Amerika Serikat mengandalkan jet tempur F-16 dan pesawat serangan darat A-10 untuk melakukan operasi anti-teror di Irak dan Afghanistan. Berbagai senjata di kedua pesawat itu akan mendapatkan upgrade besar.

”Angkatan Udara Amerika Serikat telah mengakuisisi BAE Systems’ Advanced Precision Kill Weapon System (APKWS), roket dipandu laser,” isi pernyataan kontraktor pertahanan BAE System.

Kontraktor pertahanan itu menjelaskan bahwa pengerahan menandai pertama kalinya sistem ini telah digunakan dalam operasi tempur dari platform sayap tetap Angkatan Udara.

Sistem itu memodifikasi roket Hydra tua dengan menambahkan peralatan canggih, semi-aktif bimbingan laser dan control mid-section, yang membuatnya lebih hemat dibanding membeli Lockheed Martin’s AGM-114 Hellfire.

”Desain roket inovatif APKWS ‘plug and play’ memungkinkan untuk menggunakan sistem ini pada berbagai platform,” kata juru bicara BAE Systems, David Harrold.

Harrold menambahkan bahwa penambahan sistem itu akan meningkatkan akurasi penyerangan dan dapat digunakan pada jet tempur F-16 dan A-10 di seluruh dunia.

Sebelum pengumuman ini muncul, sistem senjata itu sudah diuji pada jet AV-8B Harrier Korps Marinir dan helikopter Apache Angkatan Darat Amerika Serikat.

Sumber: Sindo News