Home » Bela Negara Siap Masuk Kurikulum Pendidikan

Bela Negara Siap Masuk Kurikulum Pendidikan

  • Uncategorized

Mengikuti bela negara sebagai salah satu komponen untuk memupuk rasa nasionalisme memang belum menjadi kewajiban bagi setiap warga negara Indonesia. Kampanye bela negara saat ini gencar dilakukan oleh pemerintah. Dengan harapan agar seluruh lapisan masyarakat dapat mengikutinya.

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia berkomitmen akan memasukan bela negara di dalam kurikulum pendidikan mereka. Menurut Kepala Bagian Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan Mayor Jenderal Hartind Asrin, sudah ada 10 perguruan tinggi yang akan memasukan bela negara di dalam kurikulum pendidikan tahun ini. “Pemberlakukan kurikulum bela negara ini bersifat sukarela,” ucapnya, Selasa (14/6/2016).

Dia menambahkan, sudah memberikan pelatihan kepada dosen-dosen terkait kurikulum bela negara. “Metode yang digunakan bermacam-macam, diskusi kelompok, teori, tanya jawab, dan memberikan penugasan tertulis,” ujarnya.

Bela negara yang diberikan kepada para mahasiswa nantinya bukan dalam bentuk fisik, karena Indonesia sedang tidak mengalami konflik.