Home » Militer Indonesia » Bagi Pilot Lihai, Kendali Su-35 Cukup Dengan Dua Jari

Bagi Pilot Lihai, Kendali Su-35 Cukup Dengan Dua Jari

Pilot Rusia dari Distrik Militer Barat (ZVO) berlatih dengan pesawat tempur multiperan tarbaru, Su-35 di Lipetsk Combat Training Center of Russian Air Force. Su-35 nantinya akan mulai memperkuat distrik ZVO pada akhir tahun 2016.

Lipetsk adalah pusat pelatihan pilot tempur Angkatan Udara Rusia yang mirip dengan pusat pelatihan Top Gun di Nellis Air Force Base milik AS.

Para pilot mempelajari karakteristik taktis dan teknis pesawat, terutama pengendalian pesawat tempur dan teknologi dasar Su-35. Setelah melewati pelajaran teori, para pilot nantinya akan menjalani pelatihan khusus di simulator penerbangan.

Pusat pelatihan Lipetsk menerima Su-35 pertama pada tahun 2014, Su-35 diterbangkan langsung dari Komsomolsk-on-Amur ke Lipetsk dengan singgah di kota Irkutsk dan Chelyabinsk.

Dua pilot pertama Su-35 yang sudah berhasil menerbangkan jarak jauh Su-35, Letnan Kolonel. Alexei Yamakidi, dan Mayor Alexei Kurakin menyatakan kekagumannya dengan Su-35 ,”Saya telah menerbangkan semua versi dari MiG-23, MiG-29 dan Su-27, saya suka data penerbangan yang ditampilkan di LCD multifungsi penuh warna Su-35. Semuanya jelas dan mudah dipahami, mudah untuk mengontrol karena sistem kontrol penerbangan yang terintegrasi, kontrol sekarang lebih mudah dan lebih sensitif, tidak perlu menggunakan kekuatan lebih. Katakanlah untuk mencapai G-manuver, pilot Su-35 bisa menggunakan hanya dengan dua jari “.

Alexei Kurakin menyatakan “Saya suka pesawat (Su-35), Hal ini jauh lebih baik daripada S-27 dan Su-30 dalam hal rasio thrust-to-weight. Dapat mencapai sudut serang luar biasa dengan tetap mempertahankan pengendalian yang memungkinkannya untuk terlibat dalam pertempuran dogfight di udara tanpa harus terganggu oleh kontrol kokpit. Saya kira pesawat mempunyai masa depan cerah, mengingat kemampuan tempur dan manuvernya.”