Militer Amerika Serikat Perluas Peran Armada Ketiga Angkatan Laut Hingga ke Asia Timur

Seorang pejabat Amerika Serikat mengatakan bahwa Armada Ketiga Angkatan Laut Amerika Serikat berencana mengirimkan lebih banyak kapal ke Asia Timur. Armada Ketiga yang berkedudukan di San Diego, California, biasanya melakukan operasi-operasi ke sisi timur dari garis batas internasional Samudera Pasifik. Nantinya, mereka akan beroperasi di luar kawasan normalnya bersama Armada Ketujuh yang berkedudukan di Jepang.

Pejabat Amerika Serikat yang meminta jatidirinya tak disebut, kepada kantor berita Reuters, menjelaskan bahwa kapal-kapal yang dikerahkan ke kawasan Asia Timur itu akan melakukan beragam operasi. Namun, sumber itu tak memberikan rincian.

Sementara itu, Panglima Armada Pasifik Amerika Serikat, Laksamana Scott Swift, mengatakan bahwa langkah tersebut terjadi dalam “konteks ketidakpastian dan kegelisahan di kawasan,” sebuah rujukan jelas kepada perilaku Tiongkok.

Laksamana Swift berpendapat bahwa Angkatan Laut seharusnya memanfaatkan “kekuatan gabungan menyeluruh” dari 140.000 pelaut, lebih dari 200 kapal dan 1.200 pesawat yang membentuk Armada Pasifik.

Armada Ketujuh terdiri atas satu unit pembawa pesawat kelompok serang, 80 unit kapal lainnya dan 140 unit pesawat. Armada Ketiga memiliki lebih dari 100 unit kapal, termasuk empat kapal pembawa pesawat.

Tiongkok mengklaim sebagian besar wilayah Laut Cina Selatan yang menjadi perlintasan berbagai kapal perdagangan. Negara itu dibuat marah oleh apa yang dipandang sebagai patroli-patroli militer Amerika Serikat yang provokatif di dekat pulau-pulau yang dikendalikan oleh Tiongkok di Laut Cina Selatan.

Sumber: Antara