Home » Alutsita Canggih » Kapal Tiongkok Picu Ketegangan Latihan Gabungan

Kapal Tiongkok Picu Ketegangan Latihan Gabungan

Lagi-lagi isu sengketa Laut Cina Selatan kembali memanas. Hal ini dipicu oleh aksi kapal observasi Tiongkok yang kedapatan membayang-bayangi kapal induk Amerika Serikat (AS) USS John C. Stennis di Pasifik Barat, saat melakukan latihan gabungan dengan Jepang dan India. Berdasarkan keterangan salah seorang pejabat Jepang, kapal Tiongkok ini diduga memata-matai latihan yang dilakukan ketiga negara tersebut.

USS Stennis yang membawa jet tempur F-18 ini bergabung bersama sembilan kapal Angkatan Laut lainnya, termasuk kapal pembawa helikopter Jepang dan frigat India di perairan Okinawa. USS Stennis memang ditugaskan untuk menarik kapal-kapal pemantau Tiongkok dari wilayah latihan gabungan agar Tiongkok tidak bisa memata-matai.

“Stennis, yang telah diikuti oleh kapal Tiongkok sejak berpatroli di Laut Cina Selatan, akan berlayar terpisah dari kapal lain. Kapal itu akan bertindak sebagai “umpan” untuk menarik kapal Tiongkok menjauhi wilayah latihan gabungan,” ungkap pejabat Jepang, yang enggan disebutkan identitasnya, seperti dilansir Reuters, Rabu (15/6/2016).

Latihan gabungan ini dilakukan lantaran AS dan Jepang khawatir Beijing akan memperluas pengaruhnya ke Pasifik Barat dengan kapal selam dan kapal permukaan. Kedua negara ini khawatir Tiongkok akan turut mengklaim wilayah Pasifik Barat. Pasalnya, kapal Angkatan Laut Tiongkok kerap terlihat berlayar di sekitar pulau sengketa, sejak awal Juni lalu.

Sengketa wilayah antara Jepang dan Tiongkok menjadi salah satu faktor renggangnya hubungan dua negara dengan perekonomian terbesar di Asia tersebut. Wakil Menteri Luar Negeri Jepang, Akitaka Saiki, bahkan sempat memanggil duta besar Tiongkok di Tokyo, Rabu (8/6/2016). Pemanggilan tersebut untuk menyampaikan protes serius sekaligus mendesak kapal Tiongkok untuk meninggalkan daerah sekitar Kepulauan Senkaku.