Home » Alutsita Canggih » Botswana Menginginkan Gripen C/D Untuk Menggantikan F-5

Botswana Menginginkan Gripen C/D Untuk Menggantikan F-5

Botswana Defence Force (BDF) menginginkan pesawat tempur Gripen C/D untuk menggantikan jet tempur F-5 buatan AS yang sudah menua. Hal tersebut disampaikan oleh Panglima BDF Letjen Gaolathe Galebotswe dihadapan parlemen Bostwana. Bostwana mengharapkan bisa mengakuisisi 8 sampai 12 Gripen seri C/D buatan perusahaan Swedish aircraft manufacturer Försvarets Materielverk (FMV).

Galebotswe menyatakan militer Bostwana sudah mengunjungi berbagai produsen pesawat tempur seperti F-16 di AS, produsen MiG di Rusia dan produsen jet tempur China sebelum kemudian akhirnya memutuskan untuk memilih JAS Gripen.

Menurut Galebotswe, Gripen sesuai dengan kebutuhan Bostwana dan bisa memberikan keunggulan dari negara tetangganya. Jet tempur F-5 sudah tidak mungkin lagi memperkuat dan Angkatan Udara Bostwana membutuhkan pesawat tempur yang hemat biaya namun tangguh untuk menjaga kedaulatan Bostwana.

Pembelian Gripen diperkirakan akan membutuhkan anggaran sebesar US $ 1,7 miliar. Menurut Galebotswe, tidak ada perantara yang terlibat dalam negosiasi yang sedang berlangsung antara pemerintah Botswana dan Swedia.

Panglima Bostwana juga mengatakan biaya tinggi yang dikeluarkan untuk memelihara peralatan militer yang sudah usang bisa dikurangi jika pemerintah Bostwana bisa meningkatkan kemampuan industri pertahanan lokal. Dia mengatakan BDF perlu mendapatkan lebih banyak peralatan militer yang baru untuk mengganti peralatan yang sudah tua yang mahal biaya operasionalnya.

DefenceNews