Ujicoba Angkut MBT Leopard di KRI Bintuni

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur Laksamana Muda Darwanto menerima kunjungan Kepala Pusat Konstruksi Badan Sarana Pertahanan Kemhan RI, Brigjen TNI Zaenal Arifin, di Koarmatim Ujung, Surabaya. Kamis, (16/6/2016).

Usai melaksanakan pertemuan singkat, Brigjen Zaenal Arifin beserta Pangarmatim dan rombongan meninjau Uji Coba metoda pengamatan fisik, embarkasi dan debarkasi Tank Leopard keluar dan masuk KRI Teluk Bintuni-520 melewati Dermaga Beaching yang telah selesai dibangun. Pelaksanaan Uji Coba Beaching Plate dan uji rampa, turn table serta snatchwinch dilakukan ke KRI Teluk Bintuni-520 yang bersandar di Dermaga E Koarmatim.

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut pembangunan kekuatan TNI AL TA.2014, yang telah dilaksanakan pembangunan fasilitas Beaching Plate di kolam labuh Koarmatim. Selain itu, uji coba juga bertujuan untuk mengetahui kemampuan Beaching Plate yang dibangun dan kemampuan rampa, turn table serta snatchwinch KRI Teluk Bintuni-520, dalam mengangkut Tank MBT Leopard.

Pengujian secara bersamaan dimaksudkan agar dalam pelaksanaan operasional KRI, dapat berlangsung secara maksimal untuk mendukung mobilisasi MBT melalui Daerah Basis Angkatan Laut (DBAL) Ujung Surabaya dapat dilaksanakan dengan baik, lebih efektif serta efisien.

Sumber : Koarmatim.tnial.mil.id