Antisipasi Bencana, Koarmatim Siapkan Satgas Penanggulangan

Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam, yang kerap terjadi di sejumlah daerah di tanah air, TNI AL Koarmatim telah menyiapkan satgas penanggulangan bencana, yang nantinya siap diturunkan dan membantu masyarakat yang wilayahnya terkena bencana laut akibat gelombang esktrim dan bencana alam lainnya.

Satgas penanggulangan bencana TNI AL, terdiri dari sejumlah anggota kesatuan yang ada di TNI AL, seperti tim penyelam, tim evakuasi, tim pengamanan, tim dapur umum serta didukung oleh tim kesehatan TNI AL.

Untuk Satgas Penanggulangan Bencana TNI AL Tahun 2016, Koarmatim telah menyiapkan personel pendukung diantaranya; Wing Udara I sebanyak 10 orang, Kopaska 21 orang beserta 3 Perahu Karet dan 2 Truk, Dislambair 31 orang beserta 4 Perahu Karet dan 2 Truk, Divisi Pantai 21 orang dan 1 Perahu Karet, Diskes 10 orang dan 2 Unit Ambulance, Diskomlek 5 orang, Den Intel 5 orang, Pomal 5 orang beserta 1 mobil patwal dan 1 motor patwal, Satprov Denma 5 orang dan 1 mobil patwal dan 1 motor patwal, Denmako 31 orang, dan Disang 7 orang beserta 7 Truk.

Menurut Komandan satgas penanggulangan korban bencana alam koarmatim, Kolonel Laut (T) Erwin C. Gora, Satgas penanggulangan bencana TNI AL, siap diturunkan kapanpun, saat masyarakat yang terkena musibah bencana akibat cuaca ekstrim dan bencana lainnya, membutuhkan pertolongan.

Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada semua pihak agar segera melaporkan apabila terjadi bencana alam di wilayahnya. Selain menolong warga yang terkena musibah, nantinya satgas juga akan membantu mengamankan wilayah yang terkena bencana agar tidak menjadi sasaran tindak kejahatan dari oknum yang tidak bertanggungjawab.(marksman/ sumber : dispenarmatim dan metrotvnews.com)