Home » Militer Indonesia » Harrier ‘Jump Jet’, lebih Siap Bertempur daripada F-35

Harrier ‘Jump Jet’, lebih Siap Bertempur daripada F-35

Pasukan AS untuk pertama kalinya secara bersamaan menyerang ISIS di Irak dan Suriah dari Laut Mediterania dan Teluk Arab, ungkap Angkatan Laut AS.

Pesawat Tempur AV-8B Harrier Korps Marinir AS memulai serangan dari kapal amfibi USS Boxer dari Teluk Arab pada hari Kamis, bergabung bersama pesawat tempur AS lain yang berpangkalan di kapal induk USS Harry S. Truman di Laut Mediterania.

“Hari ini, angkatan laut AS menyerang ISIS secara bersamaan dari laut Mediterania dan Teluk Arab,” kata Vice Admiral Kevin Donegan, Panglima Komando Pusat Angkatan Laut AS.

“Misi dari geladak penerbangan kapal induk USS Boxer, seperti juga dari USS Harry S. Truman, menunjukkan fleksibilitas yang dimiliki Angkatan Laut AS,” katanya.

USS Truman, yang mendekati akhir masa operasionalnya, baru-baru ini meninggalkan Teluk Arab dan mulai menyerang kelompok teroris ISIS di Irak dan Suriah dari Mediterania.

Jet tempur Harrier berasal dari skuadron Marine Medium Tiltrotor (VMM) 166, yang merupakan unsur pesawat tempur dari Satuan Marine Expeditionary ke-13. Satuan lainnya yakni MEU ke-14 bagian dari Boxer Amphibious Ready Group, sudah tiba di Teluk Arab pada 5 April.

TheHill