Kapal Perang TNI AL Siap Angkut Pemudik Lebaran

TNI Angkatan Laut akan menyiapkan 3 hingga 5 kapal perangnya untuk membantu mengangkut pemudik lebaran tahun 2016 ini. Namun demikian, pihak TNI AL akan menunggu kordinasi dari pihak Kementerian Perhubungan, selaku pemegang kendali angkutan lebaran.

Hal ini disampaikan Kepala Staf TNI Angkatan laut, Laksamana Ade Supandi, saat menghadiri peringatan 60 tahun, Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) di pangkalan udara TNI Angkatan Laut Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur Sabtu (18/6/2016).

Menurut KSAL, seperti tahun-tahun sebelumnya, TNI AL selalu menyediakan kapal perang untuk membantu pemudik. Kapal perang akan dioperasikan apabila pemudik kesulitan mendapatkan angkutan lebaran. Bahkan, Ade menambahkan, pemudik yang menumpang kapal perang milik TNI AL bisa mengikutsertakan kendaraan sepeda motor miliknya.

“Setiap kapal perang milik TNI AL mampu mengangkut sedikitnya 1.500 orang beserta 1.000 sepeda motor,” kata Ade. Seperti lebaran tahun sebelumnya, Rute kapal perang tersebut adlah dari pelabuhan tanjung priok Jakarta menuju pelabuhan tanjung emas Semarang, dan berakhir di pelabuhan tanjung perak Surabaya.

Perjalanan dari Jakarta ke Surabaya dengan menggunakan kapal perang memerlukan waktu sekitar 30 jam. Namun demikian, pihak TNI AL belum bisa memastikan berapa kapal perang yang akan dioperasikan untuk mengangkut pemudik lebaran tahun 2016 ini. Sebab koordinasi yang akan memutuskan terkait angkutan mudik lebaran ada di pihak Kementerian Perhubungan. (marksman/ sumber : metrotevnews.com)