Home » Alutsita Canggih » Argentina Ingin membeli Mirage 2000 Perancis

Argentina Ingin membeli Mirage 2000 Perancis

Argentina saat ini sedang melakukan negosiasi dengan Prancis untuk membeli 12 pesawat tempur Mirage F1, Mirage 2000 dan beberapa mesin untuk menghidupkan kembali armada pesawat serang darat Pucara.

Saat menghadiri Pameran Persenjataan Eurosatory di Paris, Menteri Pertahanan Argentina Martinez bertemu dengan Menteri pertahanan Perancis Jean-Yves Le Drian.

Perancis masih menganalisa secara rinci kemungkinan pembelian itu. “Transaksi ini memberikan nilai yang sangat baik dan kondisi yang sangat menguntungkan,” kata Martinez.

Akuisisi G to G ini akan menguntungkan kedua negara karena tanpa perantara dan juga meningkatkan kepercayaan antara kedua negara. “Angkatan Udara Argentina tidak bisa tanpa pesawat supersonik. Pilot kami harus berlatih menggunakan peralatan modern,” sambung Martinez.

Martinez menolak mengungkapkan biaya pembelian, spesifikasi pesawat dan jumlah pesawat karena negosiasi belum selesai.

Martinez juga mengakui bahkan jika Amerika Serikat menawarkan jet tempur F-16, Argentina lebih memilih pesawat tempur Perancis yang lebih sesuai dengan kebutuhan Argentina. “Biaya operasional F-16 terlalu mahal” katanya. Chile yang memiliki 24 pesawat F-16 tidak bisa mengoperasikan semua F-16 nya karena ongkos penerbangan menghabiskan biaya US$ 17.000 setiap jam terbang.

Jika terealisasi, pembelian pesawat tempur Perancis ini akan meningkatkan semangat pilot Angkatan Udara Argentina yang selama bertahun-tahun mengalami kekurangan dan kemerosotan kekuatan armada pesawat tempurnya.

La Nacion