Home » Militer Indonesia » Turki ‘Pe-de’ Mampu Buat Kapal Induk Sendiri

Turki ‘Pe-de’ Mampu Buat Kapal Induk Sendiri

Presiden Recep Tayyip Erdogan menegaskan, militer Turki sama sekali tidak memiliki hambatan untuk membuat alutsistanya sendiri. Saat ini Turki tengah membuat sebuah kapal serbu amfibi TCG Anadolu yang diutargetkan selesai pada tahun 2021. Setelah proyek ini selesai, Turki dikabarkan akan membuat pesawat induknya sendiri.

”Tidak ada hambatan apapun untuk memproduksi kapal induk kita sendiri. Hal ini dimungkinkan dengan tekad pemerintah dan negara,” kata Erdogan seperti dilansir koran Yeni Safak,Senin (201/6/2016).
Erdogan menyebut saat ini industri pertahanan di bawah pemerintahannya semakin mandiri dan tidak mengandalkan produsen teknologi dari luar.

Pembuatan TCG Anadolu dilakukan difasilitas galangan kapal Sedef, Istanbul. Unit ini diproyeksikan akan menjadi unit kapal perang angkatan laut Turki terbesar dan paling lengkap pada saat dioperasikan nantinya.

Kapal serbu amfibi milik Turki ini memiliki panjang 225 meter, dan lebar 32 meter, dan berbobot 28.000 ton pada saat dipersenjatai secara lengkap. Unitnya akan mampu mengangkut delapan helikopter tempur, 700 pasukan bataliun infantri, dan 1400 awak kapal. kapal TCG Anadolu akan menjadi kapal perang terbesar dan termahal milik Angkatan Laut Turki.