Home » Alutsita Canggih » NATO Asah Kemampuan Anti Kapal Selam

NATO Asah Kemampuan Anti Kapal Selam

Tiga ribu personel dari delapan negara Sekutu (Kanada, Perancis, Jerman, Norwegia, Spanyol, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat) melakukan latihan perang di Norwegia.

Empat kapal selam milik Kanada, Jerman, Norwegia dan Amerika Serikat, bersama dengan sembilan kapal perang dan empat pesawat patroli maritim ikut ambil bagian dalam latihan perburuan kapal selam musuh dan melindungi kapal selam sekutu.

Latihan ini dilakukan di Laut Norwegia, di wilayah seluas 14.000 mil laut persegi.

Selama latihan, kapal selam harus transit dari satu titik ke titik lain, sementara kapal perang mencoba untuk melacaknya dan mensimulasikan serangan. Unit kapal perang juga harus transit antara dua titik dengan menghadapi ancaman serangan dari kapal selam.

Ini adalah keempat kalinya Exercise Dynamic Mongoose dilakukan, setelah sebelumnya dilakukan pada tahun 2012, 2014 dan 2015.

Menurut Menteri Pertahanan Norwegia Ine Marie Eriksen Søreide, menyatakan melatih kemampuan Angkatan Laut sangat penting, ia mencatat 70% permukaan bumi ditutupi oleh air, dan 90% perjalanan perdagangan dunia melalui laut. Dia menekankan bahwa NATO harus mampu beroperasi di laut, di atas laut, dan juga di bawah laut.

NavalToday