Home » Alutsita Canggih » Enam Tentara Yordania Tewas Akibat Serangan Bom Mobil

Enam Tentara Yordania Tewas Akibat Serangan Bom Mobil

Ledakan bom mobil di Yordania menewaskan sedikitnya enam tentara Yordanian dan 14 orang lainnya luka-luka.

Sejumlah tentara Yordania yang berjaga di luar sebuah kamp pengungsi di dekat perbatasan Suriah menjadi korban serangan bom mobil. Berdasarkan keterangan dari militer Yordania, seperti dikutip dari AFP, serangan terjadi pukul 05:30 waktu setempat, Selasa (21/6/2016). Sebuah bom mobil meledak di distrik al-Rukban, yang letaknya berseberangan dengan kamp pengungsian Suriah, yang menampung sekitar 60.000 orang pengungsi.

Menurut militer Yordania, pihaknya telah menghancurkan sejumlah kendaraan musuh di perbatasan tersebut. Namun militer belum akan menyampaikan keterangan lebih detail mengenai insiden itu. Serangan bom meledak di kawasan gurun pasir terpencil.

Serangan ini terjadi tepat dua pekan setelah insiden tewasnya lima agen intelijen Yordania dalam serangan teror di Kantor Badan Intelijen di Ain el-Basha, dekat kamp pengungsi Palestina al-Baqa’a, di bagian utara Amman, ibukota Yordania.

Sejauh ini, belum ada kelompok ataupun pihak yang mengklaim mendalangi serangan bom mobil tersebut. Sebelumnya pada Maret lalu, otoritas Yordania mengumumkan telah menggagalkan rencana kelompok radikal ISIS untuk melancarkan serangan di kerajaan itu. Saat itu, otoritas Yordania mengklaim telah menewaskan tujuh militan ISIS.

Jordania merupakan anggota koalisi internasional yang dipimpin Amerika Serikat dalam memerangi ISIS. Yordania telah melakukan serangan-serangan udara terhadap ISIS di Suriah sejak tahun 2014.