Home » Militer Indonesia » Desain KF-X Segera Uji Terowongan Angin

Desain KF-X Segera Uji Terowongan Angin

Korea Selatan menggebrak cepat dengan akan menyelesaikan lay out desain pesawat tempur generasi masa depan pada pertengahan tahun 2018. Korea Aerospace Industries (KAI) dan Korea Aerospace Research Institute mengatakan mereka akan memulai tahap pertama pengujian terowongan angin untuk membuat desain pesawat tempur program Korea Fighter Experimental (KF-X).

Proyek KF-X yang akan menelan biaya sebesar 18 triliun won (US $ 15.3 milyar), adalah proyek yang akan membangun 120 pesawat tempur bermesin ganda yang menggantikan armada jet tempur F-4 dan F-5.

Sebuah tes terowongan angin diperlukan untuk menilai kemampuan aerodinamika serta sifat penerbangan sebuah objek dengan membiarkan udara bergerak melewatinya.

Para pejabat mengatakan mereka akan melakukan 13.000 jam pengujian terowongan angin dengan desain yang akan diselesaikan dalam waktu sekitar dua tahun.

Pengujian merupakan bagian dari upaya Seoul untuk membangun pesawat tempur yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Angkatan Udara Korea Selatan.

Pada bulan Mei, Korea Selatan memilih perusahaan General Electric (GE) AS sebagai pemenang lelang pemasok mesin untuk jet tempur KF-X, sementara bulan sebelumnya Hanwha Thales berencana akan mulai membangun radar active electronically scanned array (AESA ).

Korea Selatan awalnya direncanakan akan mendapatkan 25 teknologi jet tempur dari Lockheed Martin dalam kesepakatan untuk mengimbangi pembelian 40 pesawat tempur siluman F-35 Lightning II.

Namun pemerintah AS tahun lalu menolak untuk menyetujui ekspor empat teknologi inti, termasuk yang terkait dengan radar AESA, yang akhirnya memaksa Seoul untuk mencari pemasok alternative lain. (Yonhap/Koreatimes)