Indonesia Luncurkan Kapal Rudal PC-40

Galangan kapal Indonesia, PT Caputra Mitra Sejati mulai mengerjakan varian baru, kapal ringan KCR-40 serangan rudal class, untuk angkatan laut Indonesia, ungkap seorang sumber yang dekat dengan layanan tersebut ketika dikonfirmasi IHS Jane pada 21 Juni 2016.

Varian ini dijuluki PC-40 dan mempertahankan karakteristik lambung asli platform KCR-40, termasuk panjang keseluruhan 44 meter, beam keseluruhan 7,4 meter, dan hull draft 2,4 meter. Keel laying telah dilakukan tanggal 6 April di galangan kapal PT Caputra Mitra Sejati di Serang-Banten, Indonesia. Namun, tidak seperti KCR-40, kapal PC-40 tidak akan dipersenjatai dengan peluncur rudal anti-kapal.

Kapal Patroli Cepat PC-40

Yang menarik dari pembuatan dan peluncuran kapal serangan rudal ini adalah, rudal apa yang akan diusung oleh PC-40 ?. Artinya TNI telah memiliki partner untuk membuat rudal bagi kapal ini, atau akan diisi dengan persenjataan sebatas senjata mesin atau Canon ?. Semoga diisi dengan rudal, sehingga kapal ini disegani saat menjaga wilayah laut Indonesia yang semakin rawan.

Mungkin rekan rekan warjag punya info tentang rudal yang akan mengisi kapal PC-40.

Sumber : Janes.com