Taktik Dagang Senjata, India Ingin Latihan Militer Lebih Sering di Asia Tenggara

Menteri Pertahanan India, Manohar Parrikar, meminta angkatan bersenjata negaranya untuk membangun kemitraan yang lebih kuat dengan negara-negara di Asia Tenggara. Kemitraan itu dilakukan dengan mengadakan latihan militer bersama yang melibatkan lebih dari satu bidang angkatan bersenjata.

“Berdasarkan lokasi geografis, India berada dalam posisi penyeimbang dalam peran dominan di tengah kondisi sekitar yang bergejolak. Oleh karena itu, ada persyaratan untuk mengeksploitasi keuntungan ini dengan mengembangkan kemampuan bersama,” kata Parrikar.

Sementara itu, sumber di Kementerian Pertahanan menjelaskan bahwa ambisi India untuk menjalin kemitraan militer dengan negara-negara Asia Tenggara bukan ditujukan sebagai langkah konfrontatif melawan klaim Tiongkok di Laut Cina Selatan. Menurut sumber itu, pendekatan India lebih dilihat sebagai taktik rahasia untuk ekspor alutsista ke negara-negara di wilayah sekitar India.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan India telah menunjukkan bahwa pemerintahnya menjajaki kemungkinan mengekspor platform pertahanan yang berbeda, termasuk sistem rudal. Dia mengatakan, “Setelah kunjungan terakhir saya ke Vietnam, pemerintah telah membentuk satu kelompok untuk melihat ke dalam semua aspek yang mungkin diekspor. Kami berpikiran positif.”

Sumber: Sputnik News