Home » Alutsita Canggih » U-35, Kapal Selam Diesel Elektrik Tercanggih di Dunia

U-35, Kapal Selam Diesel Elektrik Tercanggih di Dunia

Meskipun kapal selam U-35 milik Angkatan Laut Jerman merupakan kapal selam dari type 212A class yang sama seperti pendahulunya, Angkatan Laut Jerman mengatakan kapal selam batch kedua ini secara teknis lebih canggih.

Video terbaru yang dirilis oleh ‘Marine’ menjelaskan bagaimana sistem hibrida dan propulsi udara independen (AIP) kapal selam tersebut bekerja. Video dalam bahasa Jerman itu menampilkan grafis yang menggambarkan bagaimana sistem bekerja.

Apa yang membuat AIP kapal selam terbaru itu sangat efektif karena perangkat tersebut dirancang dengan jejak panas dan suara yang rendah, yang memungkinkan kapal untuk tetap tidak terdeteksi selama berminggu-minggu penyelamannya.

Berbagai perbaikan membedakan U-35 dengan empat kapal selam pendahulunya. Generasi kedua kapal selam ini secara khusus mampu dioptimalkan untuk penyebaran di seluruh dunia. Kapal selam memiliki tanki air yang besar, peningkatan AC, sistem tempur baru dan dilengkapi dengan pintu keluar khusus yang memungkinkan penyelam untuk keluar dari kapal selam yang sedang menyelam.

Selain itu, U-35 memiliki pelampung komunikasi yang memungkinkan kapal selam untuk mengirim dan menerima pesan saat menyelam dilaut dalam. Pelampung terhubung ke kapal selam melalui kabel yang dapat menyesuaikan panjangnya secara otomatis, memungkinkan komandan untuk melakukan pelayaran dengan kecepatan dan kedalaman yang diinginkannya.

Angkatan Laut Jerman akan mengoperasikan dua kapal selam batch kedua setelah U-36 bergabung ke Angkatan Laut pada tahun 2016 jika semua berjalan sesuai rencana.

NavalToday