Frigate Berkemampuan Radar AESA Dipasarkan

Dalam Baltic Military Fair BALT-MILITARY-EXPO 2016 yang berlangsung di Gdansk, Polandia, Perusahaan Israel IAI Elta menampilkan (melalui video) beberapa frigat yang dilengkapi dengan desain radar laut AESA, Active Electronically Scanned Array, untuk naval radar for long-range air and surface surveillance and tracking. Radar MF-STAR ini sedang ikut bersaing dalam program Surface Combatant Kanada (CSC) dan IAI bergabung dengan Rheinmetall Kanada mengusulkan MF-STAR untuk kapal perang permukaan masa depan Angkatan Laut Kanada.


Lihat Video, cara kerja radar :

Menurut IAI Elta, radar ini bisa juga dipasang di frigate type 26 (yang sedang dibangun Inggris, serta di F100 dan FREMM Prancis.

HMS Daring SAMPSON multi-function AESA radar

Sebelumnya radar AESA versi naval hanya terpasang di kapal perang modern jenis destoyer. Salah satunya adalah destoyer Type 45, HMS Daring Inggris. Pada awal konflik Suriah, Inggris ikut mengirim HMS Daring ke Suriah, untuk menjaga armada NATO yang bertolak ke sana, termasuk kapal induk AS.

Destroyer HMS Daring

Kini, IAI menawarkan bahwa radar AESA juga bisa dipasang di frigate class. Tentu akan efektif jika frigate itu pun, dilengkapi dengan rudal berjangkauan jauh. Radar AESA berfungsi untuk menangkap rudal atau pesawat dengan RCS kecil, alias siluman.