Tiba di Balikpapan, TNI Angkatan Laut Periksa ABK TB Charles

TNI Angkatan Laut dari Lanal (Pangkalan TNI AL) Balikpapan melakukan pemeriksaan terhadap enam orang anak buah kapal TB Charles yang dikabarkan sempat dibajak oleh kelompok Abu Sayyaf di Filipina.

“Kami akan melakukan pendalaman pada para ABK. Tidak ditahan, hanya dimintai keterangan,” kata Komandan Pangkalan TNI AL Balikpapan, Letnan Kolonel (Letkol) Luhut Siagian, di Balikpapan, Sabtu (25/06).

Letkol Luhut mengatakan bahwa dirinya belum bisa memastikan sampai kapan pemeriksaan para ABK TB Charles itu berlangsung. Ia juga menjelaskan bahwa keenam orang ABK itu belum akan diserahkan ke pihak kepolisian meski Polda Kalimantan Timur berniat memeriksa mereka atas tuduhan penipuan.

Enam orang anak buah kapal TB Charles yang selamat dari penyanderaan kelompok Abu Sayyaf di perairan Jolo, Filipina. TB Charles tiba di pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (25/6/2016). (Tribun Kaltim/Muhammad Fachri Ramadhani)
Komandan Pangkalan TNI AL Balikpapan belum bisa memastikan kebenaran kasus pembajakan kapal TB Charles. Menurutnya, hal tersebut akan terungkap dalam pemeriksaan para ABK di Markas Lanal Balikpapan.

Sebelumnya, Kepala Penerangan Kodam Mulawarman, Letnan Kolonel Subagio, menduga bahwa kabar pembajakan itu merupakan modus penipuan. Meskipun, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah membenarkan kabar tersebut.

Sumber: liputan6.com