Pesawat Angkut C130 RMAF Dicegat Pesawat Tempur Indonesia

Departemen Pertahanan Malaysia menerima laporan bahwa pesawat Royal Malaysian Air Force (RMAF) dicegat oleh pesawat tempur Indonesia saat dalam perjalanan menuju ke Labuan, Sabah, pada hari Minggu (26/06). Insiden itu terjadi ketika pesawat angkut C130 terbang di wilayah udara di dekat Pulau Natuna, Indonesia.

Menteri Pertahanan Datuk Seri Hishammuddin Hussein telah mengonfirmasi insiden itu. Menurutnya, pihak kementerian sedang menunggu laporan lengkap untuk memahami apa yang telah terjadi.

Hishammuddin menjelaskan bahwa dirinya tidak khawatir karena insiden tersebut (pesawat intersepsi di perbatasan) terjadi di seluruh dunia, serta bahwa Malaysia dan Indonesia memiliki hubungan bilateral yang kuat. Ia juga mendesak semua pihak, terutama media, untuk bertanggung jawab dalam melaporkan berita mengenai insiden itu dan tidak memberitakannya secara berlebihan.

Sementara itu, sumber RMAF mengatakan bahwa insiden itu terjadi ketika pesawat angkut sedang dalam perjalanan dari Subang Air Base menuju ke Labuan. Sumber itu menjelaskan bahwa insiden itu bukanlah ‘mencegat’, melainkan pemberitahuan dari pesawat tempur Indonesia kepada pilot RMAF untuk mengidentifikasi diri mereka dan bahwa C130 diduga telah masuk ke wilayah udara mereka.

Sumber: New Straits Times Online