Home » Alutsita Canggih » Biden : Jepang Bisa Mendapatkan Senjata Nuklir dalam Semalam

Biden : Jepang Bisa Mendapatkan Senjata Nuklir dalam Semalam

Washington – Wakil Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada Presiden China Xi Jinping bahwa Jepang memiliki kapasitas untuk memiliki senjata nuklir dalam waktu “hampir semalam.”

Berbicara pada program Public Broadcasting Service ditayangkan Senin, 27/6/2016 Biden mengatakan ia telah mendesak Presiden China Xi Jinping, untuk mempengaruhi Korea Utara sehingga meninggalkan perkembangan rudal dan senjata nuklirnya.

Mengacu pada perilaku Pyongyang yang baru-baru ini menguji dan dan meluncurkan rudal nuklir yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB, Biden mengatakan jika China dan Amerika Serikat gagal mengambil tindakan efektif terhadap Korea Utara, “Apa yang terjadi jika Jepang, memutuskan besok membuat nuklir? Mereka memiliki kapasitas untuk melakukannya untuk waktu hampir semalam. ”

Biden tidak mengatakan kapan percakapannya dengan Xi berlangsung.

Wapres mengatakan Cina “memiliki kemampuan terbesar tunggal untuk mempengaruhi Korea Utara dengan memotong A, B, C, D, berbagai macam hal, tetapi juga bisa menyebabkan munculnya ledakan dari Korea Utara.”

Biden mengatakan Korea Utara sedang membangun senjata nuklir yang bisa menyerang sejauh jauhnya daratan AS. “Dan saya katakan, jadi kita akan bergerak meningkatkan sistem pertahanan kita,” katanya, menunjukkan Washington bermaksud menyebarkan sistem pencegatan rudal canggih AS yang disebut Terminal High Altitude Area Defense, atau THAAD, di Korea Selatan.

Wakil presiden Biden mengutip ucapan Xi Jinping mengatakan, “Tunggu sebentar, militer saya berpikir Anda akan mencoba untuk mengepung kami,” menggarisbawahi ketidaksukaan China atas penyebaran THAAD di Korea Selatan.

Biden menyanggah pandangan calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump bahwa dia terbuka untuk ide bahwa Jepang dan Korea Selatan dibiarkan mengembangkan senjata nuklir mereka sendiri dan akan menarik pasukan AS dari Jepang dan Korea Selatan.

“Tidak apa-apa dengan Donald Trump. Tapi itu tidak apa-apa bagi kita untuk terus melihat proliferasi senjata nuklir di seluruh dunia, “katanya.

Ditanya tentang pernyataan Biden, Wakil Sekretaris Kabinet Jepang Hiroshige Seko mengatakan pada konferensi pers Jumat di Tokyo bahwa Jepang “tidak pernah bisa memiliki senjata nuklir.”

Seko mengatakan tiga prinsip non-nuklir tidak memproduksi, memiliki, atau membiarkan senjata nuklir di wilayah Jepang merupakan kebijakan dasar penting dari pemerintah Jepang.

Sumber : Japantimes.co.jp