Home » Alutsita Canggih » Khawatir Lepas, Inggris Kirim Kapal Selam Nuklir ke Gibraltar

Khawatir Lepas, Inggris Kirim Kapal Selam Nuklir ke Gibraltar

Kapal selam bertenaga nuklir HMS Ambush milik Angkatan Laut Kerajaan Inggris berlabuh di Gibraltar pada 25 Juni tak lama tiba setelah seorang pejabat Spanyol mengumumkan kemungkinan kedaulatan bersama atas wilayah ‘The Rock’.

Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Garcia-Margallo selama wawancara mengatakan Brexit membuka kemungkinan lebih besar bagi Spanyol untuk mengontrol wilayah luar negeri Inggris (Gibraltar).

Sebanyak 95.9% rakyat Gibraltar mendukung untuk tetap tinggal di Uni Eropa dan Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond mengatakan melindungi kepentingan Gibraltar akan menjadi jauh lebih sulit sekarang karena Inggris berada di luar Uni Eropa, lapor Daily Mail.

Para Pejabat Angkatan Laut Inggris berdalih kunjungan kapal selam bertenaga nuklir Inggris ke ‘The Rock’ adalah bagian dari operasi rutin yang sudah terjadwal, namun waktu kedatangannya yang tak lama setelah wawancara resmi Menteri Luar Negeri Spanyol terlihat terlalu mencolok.

HMS Ambush adalah kapal selam nuklir dari Astute class yang mulai memperkuat Angkatan Laut Inggris pada Agustus 2010. Kapal selam yang berjuluk ‘Pemburu Mematikan’ ini merupakan kapal selam nuklir paling canggih dan kuat di dunia. Dengan tenaga reactor nuklirnya, HMS Ambush mampu beroperasi dan berlayar selama 25 tahun nonstop.

Dilengkapi sonar canggih dan peralatan berteknologi tinggi, HMS Ambush bahkan diklaim tidak terlalu membutuhkan periskop. HMS Ambush membawa persenjataan torpedo Spearfish dan 38 rudal jelajah Tomahawk yang mampu menghancurkan target yang berjarak 1.200 mil jauhnya.