Home » Militer Indonesia » Kelebihan Su-35 (1) Tidak Mudah Diserang dari Belakang

Kelebihan Su-35 (1) Tidak Mudah Diserang dari Belakang

Alexander V. Pulenko, seorang pilot uji pesawat tempur yang berpengalaman membeberkan kemampuan SU-35 yang tidak mudah diserang pesawat tempur musuh dari belakang. Berpengalaman menerbangkan pesawat tempur Sukhoi mulai dari Su-27, Su-30 , Su-33 dan Su-35, Pulenko terkesan dengan kecanggihan dan manuver Su-35.

Salah satu kemampuan jet tempur Su-35 adalah manuvernya yang mampu menghindari rudal yang ditembakkan musuh dari belakang. Su-35 diklaim tidak akan mudah disengat rudal dari belakang seperti kasus Su-24 Rusia yang ditembak jatuh F-16 Turki di Suriah.

Pada modus kecepatan tinggi dengan afterburner, Su-35 mampu bermanuver mengangkat hidung lalu berputar 360 derajat, lalu dalam sepersekian detik kembali ke posisi semula. Manuver itu mampu mengecoh rudal yang menyerang dari belakang, dan rudal tidak mungkin berputar kembali menyerang pesawat karena mungkin sudah kehabisan daya dorong, ungkap Pulenko.

Disamping kemampuan manuvernya, jet tempur Su-35 juga diklaim mampu menghindari serangan rudal udara-ke-udara yang berpandu radar semi aktif dengan menggunakan perangkat peperangan elektroniknya.

Su-35 juga dianggap varian lebih canggih dari Su-27SM3 karena meski memiliki struktur rangka yang sama-sama diperkuat, Su-35 menggunakan radar Irbis-E, mesin, dan sistem kontrol yang lebih baru.

Bersambung….