Paskhas TNI AU Gelar Latihan Special Operation Bersama Tentara AS

Personel Batalyon Komando 462 Paskhas mengikuti Latihan Bersama Special Operation Force (SOF) Subject Matter Expert Exchange (SMEE) 2016 dengan US PACAF (Pacific Air Forces). Pembukaan latihan bersama dengan pasukan tentara Amerika, ditandai dengan upacara pembukaan di Den Matra I Paskhas Jakarta, Senin (27/6).

Bertindak selaku Inspektur Upacara yaitu Paban III Latopsau Kolonel Pnb Roring Boy dan didampingi oleh Colonel Kirt Stalling (US Airforce Attache). Hadir pada upacara pembukaan tersebut Asops Korpaskhas Letkol Pas Dicky Lukman Wijaya, Skadron Udara 31, Den Bravo 90, Denmatra I, dan Batalyon Komando 462 Paskhas Pekanbaru yang dipimpin langsung oleh Lettu Pasukan Bambang Iman, SST.Han,dan Letda Pasukan Febrianto, SST. Han.

Latihan tersebut dilaksanakan selain untuk mempererat hubungan bilateral antara dua negara, juga bertujuan untuk mengembangkan interoperabilitas antara TNI AU dan US PACAF. Latihan bersama ini akan dilaksanakan mulai hari ini (29/6) sampai dengan tanggal 1 Juli 2016 mendatang.

Melalui latihan bersama ini, diharapkan prajurit TNI dapat meningkatkan kemampuan dalam hal perencanaan, manajemen, koordinasi dan pengerahan pasukan sehingga penanggulangan teroris dapat dilaksanakan secara cepat, tepat guna dan tepat sasaran serta akuntabel.

Latihan bersama SOF SMEE tahun 2016 dilaksanakan melalui pelajaran kelas dan aplikasi materi-materi tentang operasi khusus yang dilaksanakan oleh satuan pasukan khusus dengan metode diskusi dan drill yang diarahkan untuk memahami tentang proses perencanaan operasi khusus dan mekanisme pengerahan satuan pasukan khusus kedua belah negara. (marksman/ sumber : dispenau)