Home » Alutsita Canggih » Filipina Siapkan 10 Ribu Pasukan Kepung Sempalan Abu Sayyaf

Filipina Siapkan 10 Ribu Pasukan Kepung Sempalan Abu Sayyaf

Upaya Pemerintah Indonesia menempuh jalur diplomasi guna membebaskan tujuh warga negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) TB Charles 001 yang disandera kelompok bersenjata yang disebut-sebut sebagai sempalan Abu Sayyaf.

Diplomasi yang dilakukan Pemerintah RI terhadap Filipina membuahkan hasil menggembirakan. Negara Filipina yang sebentar lagi akan mempunyai presiden baru itu telah berancang-ancang mengerahkan 10 ribu pasukan untuk mengepung para penyandera.

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Ryamizard Ryacudu mengatakan, pihaknya sudah bertemu dengan Menhan Filipina yang sekarang dan Menhan baru yang akan menggantikan. “Mereka menyambut baik kedatangan kami,” terang dia saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) rabu kemarin (28/6).

“Bahkan Menhan Filipina datang ke hotel tempat saya menginap,” papar Raymizard. Pertemuan antara dua negara itu berjalan singkat. Hanya dalam waktu dua jam, pertemuan itu selesai dan sudah diambil kesepakatan.

Biasanya, ungkap dia, perundingan itu membutuhkan waktu lama. Apalagi, mereka sekarang menyiapkan diri untuk pelantikan presiden dan pejabat baru. Hal itu membuktikan bahwa Filipina sangat menyambut baik perundingan itu.

Menurut dia, dalam rapat itu diputuskan bahwa Filipina siap membantu Indonesia dalam menyelesaikan persoalan penyanderaan terhadap 7 WNI ABK TB Charles. Operasi  militer Filipina terhadap Abu Sayyaf digencarkan setelah marak penculikan warga asing demi uang tebusan. (marksman/ sumber : jpnn.com)