Home » Militer Indonesia » Kelebihan Su-35 (2) Varian Su-35UB Selincah Burung Swalow

Kelebihan Su-35 (2) Varian Su-35UB Selincah Burung Swalow

Kali ini Pilot Alexander Pulenko membeberkan kelebihan salah satu varian Su-35, yakni Su-35UB atau Su-35 varian kursi ganda. Jet tempur Su-35UB memiliki kemampuan dan persenjataan yang memungkinkannya tidak hanya melakukan pertempuran di udara tetapi juga kemampuan serangan target darat.

Alexander Pulenko memiliki pertimbangan khusus terhadap Su-35UB. Pulenko menjulukinya “Swalow” karena sangat mudah dan menyenangkan untuk menerbangkannya. Su-35UB memiliki respon yang sangat baik dan memiliki kontrol ‘smart’, yang tidak memerlukan tenaga besar untuk menggerakkan stick kemudi.

Kinerja sistem tempur Su-35B juga sepenuhnya otomatis, Su-35B mampu mendeteksi sasaran pada jarak jauh, menentukan ancaman paling prioritas dan menentukan rudal terbaik yang akan diluncurkan. Kesemua tugas itu dapat dilakukan pilot hanya dengan menekan tombol.

Selain semua kelebihannya tersebut, Su-35UB juga memiliki sistem navigasi satelit yang memberikan informasi waktu dan jarak pesawat dari target target secara tepat, sebuah fitur yang sangat penting di era peperangan udara modern.

Secara umum, menurutnya Su-35 memiliki konsep baru dalam sistem ergonomi di kokpit terutama pada kursi pilot. Dirancang untuk kenyamanan pilot, kursi dibuat senyaman mungkin sehingga mengurangi beban kerja tubuh pilot. Beban tumpuan tubuh didistribusikan secara merata dan baik sehingga meminimalkan kelelahan pilot selama melakukan penerbangan jarak jauh.