Putin menerima permintaan maaf Erdogan

17
3291
Presiden Turki Recep Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin mencabut pembatasan perjalanan ke Turki setelah ia menjalin kembali hubungan baik dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melalui panggilan telepon pertama mereka sejak Ankara menembak jatuh sebuah jet tempur Rusia, November lalu.

Putin juga memerintahkan agar kegiatan perdagangan dilakukan seperti biasa di antara kedua negara. “Saya ingin memulai (perdagangan kembali) dengan bidang pariwisata. Saya meminta agar pemerintah Rusia memulai kembali proses perdagangan dan hubungan ekonomi dengan Turki,” kata Putin.

Langkah itu diambil beberapa jam setelah Turki digemparkan dengan tiga serangan bom bunuh diri di Bandara Internasional utama Ataturk, Istanbul, pada Selasa malam, 28 Juni 2016, yang menewaskan 41 orang, termasuk 13 warga asing. Setelah terjadi insiden penembakan pesawat perang Rusia di Suriah pada November lalu itu, Moskow memberlakukan beberapa pembatasan terhadap Ankara. Termasuk melarang beberapa produk makanan Turki memasuki Rusia, melarang penerbangan dan penjualan paket-paket wisata ke negara itu, serta melarang memperkenalkan kembali visa bagi para pengunjung Turki.

Hubungan diplomatik kembali pulih ditandai dengan panggilan telepon oleh Putin kepada Erdogan setelah orang kuat Turki itu mengirim surat kepada pemimpin Kremlin tersebut, yang menurut Moskow berisi permohonan maaf. Dalam satu pernyataan, menurut Kremlin, Putin menyampaikan belasungkawa mendalam atas serangan bom dan tembakan di Bandara Ataturk, Istanbul.

Kantor Presiden Turki menegaskan, Erdogan dan Putin saling menekankan betapa pentingnya melanjutkan hubungan bilateral antara Turki dan Rusia. Untuk mempererat kembali hubungan kedua negara, Erdogan dan Putin akan mengadakan pertemuan pada September mendatang di luar sidang G20 yang akan diadakan di Cina. Ini adalah pertemuan secara empat mata yang pertama di antara kedua pemimpin sejak dimulainya perseteruan diplomatik kedua negara.

17 COMMENTS

    • Turki bukan anggota uni eropa kang, namun anggota NATO. Turki ibarat bocah, dipanas-panasi untuk sedikit mengganggu Rusia yg sdg sibuk menggebuk ISIS dan oposisi pemberontak Suriah, atas undangan presiden Hafes al Assad, lalu terjadilah insiden penembakan SU24 Rusia oleh F16 angkatan udara Turki. Tidak jelas kondisi yg sebenarnya ketika pesawat Rusia ditembak Turki. Menurut Turki, pesawat Rusia melanggar kedaulatan udara Turki sehingga pantas untuk dijatuhkan, namun sebaliknya, Rusia memiliki bukti bahwa pesawat Rusia ditembak ketika msh beroperasi diwilayah udara Suriah.

      Namun dengan permintaan ma’af presiden Turki, Recep
      Tayyip Erdogan, serta kesediaan untuk mengganti kompensasi sebagai akibat kerugian insiden, sepertinya kasusnya sdh jelas. Presiden Erdogan sdh sadar dan tobat atas kekeliruan menembak pesawat Rusia, faktanya hasil yg didapat dari mengikuti arahan negara asing yg menginginkan kekacauan hubungan Turki dan Rusia, tidak sebanding dg kerugian yg dialami Turki dlm membina hubungan baik Turki – Rusia. Ibarat lbh banyak mudlaratnya Turki mengganggu Rusia ketimbang manfaatnya.

  1. Keren, minta maaf itu G harus pihak yang salah..dan dipersalahkan..
    semua boleh memulainya…
    boleh jadi itu untuk menghindari perselisihan yang berlaru-larut…
    kalau dengan meminta maaf bisa menambah teman/saudara dan mempererat persahabatan/persaudaraan apa salahnya jika dilakukan?

    itu bisa dicontoh oleh siapapun jg… :mrgreen:

  2. Hehehehe….
    Proxy war again…dubes rusia ditembak mati di turki… Cermati permainan proxy samiri cs dan isrohell di suriah ditambah cheerleader koalisi saudi cs..
    Bermula dari campur tangan rusia di suriah membela assad yg membuat skenario samiri dan isrohell berantakan menjatuhkan assad via pemberontak dan isis…
    Isis yg direncanakan ikut menyerang tentara suriah dari wilayah irak jg harus hancur di tangan tentara irak..
    Pemberontak yg jg dipersenjatai sam-hell-saud cs juga hrs gigit jari ditumpas habis pasukan rusia hingga hrs keluar dari Aleppo.. Dgn tameng warga sipil dan modal congor barat mereka membentuk opini dunia ttg genosida di suriah.
    Sebelumnya beberapa bulan yg lalu pemboman markas tentara suriah oleh sam-hell yg memakan korban penasehat militer rusia, jg dibalas dgn pemboman markas pemberontak oleh rusia yg mengakibatkan banyak korban tewas dari pihak cia dan mossad ..hehehehe…
    Penembakan su24 rusia oleh AU turki adl proxy agar rusia menyerang turki..dan jika itu terjadi pasukan koalisi odong2 saudi akan ikut nimbrung membela turki dgn pemanasan di yaman yg ternyata gagal total..bahkan malah babak belur bahkan dikecam dunia krn lbh byk membom warga sipil…xixixixi..
    RI dgn TNI nya yg diharapkan ikut bergabung ternyata gak mau ikut juga walau telah dirayu saudi cs dgn berbagai macam iming2..hingga akhinrya pakistan dan afghanistan pun ikut RI balik kanan mundur jalan..xixixixiixixi…
    Rusia yg tahu maksud busuk sam-hell…setelah su24 ditembak jatuh bukannya berseteru dan menyerang turki..rusia malah mendatangkan s400 utk mengcover seluruh wilayah suriah hingga menjangkau turki dan isrohell..dgn alasan melindungi armada tempur rusia..xixixixixi
    Pemboman di beberapa kota besar turki oleh teroris ditengarai dilakukan milisi kurdi yg awalnya dipersenjatai sam-hell utk melawan isis ternyata jg membuat kacau keamanan turki dan skenario berlanjut dgn kudeta berasep sebagian kecil militer turki yg dilakukan utk menjatuhkan erdogan ternyata didalangi sam-hell hingga akhirnya jg terungkap pilot penembak su24 rusia adl bagian dari para pengkudeta yg berbasis di incirlik pangkalan yg digunakan samiri.. Dan impactnya erdogan semakin dekat dan berdamai dgn rusia krn erdogan sadar siapa dajjal sesungguhnya..xixixixixi
    Pilpres Samiri yg berakhir memilukan dgn terpilihnya dobek sbg pres yg tertukar membuat sutris samiri dan warganya yg berbuntut protes dibeberapa kota dan diperkirakan ada campur tangan rusia dan cino..xixixixi…apes dah..
    Dan setelah menahan malu dan gigit jempol akhirnya sam-hell hrs plg kandang krn pion proxy pemberontaknya di aleppo hrs ngungsi..
    Dan utk membalasnya proxy dimainkan kembali dgn penembakan hingga tewas dubes rusia di ankara oleh para pengkudeta yg gagal..
    Mari kita lihat apa yg dilakukan rusia ke depan utk mengimbangi proxy sam-hell dan koalisi odong2 saudinya.. Hehehehe

LEAVE A REPLY