Home » Alutsita Canggih » Akhir Tugas Kapal Selam Midget – Dolgarae class

Akhir Tugas Kapal Selam Midget – Dolgarae class

Kapal selam terakhir Dolgorae class Korea Selatan dipensiunkan setelah bertugas selama seperempat abad, kata Angkatan Laut Korea Selatan.

Angkatan Laut mengadakan upacara penghentian operasional dua kapal selam Dolgorae class, kapal selam generasi pertama milik Korea Selatan di Submarine Force Command di dalam pangkalan Angkatan Laut di kota pelabuhan selatan Jinhae. “Dolgorae” atau Dolphin jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris.

Angkatan Laut telah mengoperasikan tiga kapal selam Dolgorae class yang berbobot 223 ton sebagai aset awal pasukan bawah air. Kapal selam Dolgorae pertama masuk ke dalam layanan pada tahun 1985 dan terus memperkuat sampai akhirnya dinonaktifkan pada tahun 2003.

Dengan panjang lebih dari 25 m, Dolgarae bisa menampung 14 awak kapal dan biasanya digunakan untuk beroperasi di pesisir pantai, karena tidak memiliki daya tahan untuk beroperasi dilaut dalam. Dolgarae hanya dipersenjatai dengan dua torpedo 406 mm.

Korea Selatan berusaha untuk membangun kemampuan kapal selamnya, Angkatan Laut akhirnya meluncurkan Program Kapal Selam Serang Korea Selatan. Sebanyak 14 kapal selam diesel elektrik yang berbobot 1.000 ton akhirnya memperkuat Korea Selatan selama bertahun-tahun.

Dengan peningkatan jumlah kapal selamnya, Angkatan Laut Korea Selatan kemudian membentuk Submarine Command, menjadi negara keenam di dunia yang melakukannya.

Yonhap