Home » Militer Indonesia » Su-27SM3 – Jet Tempur Lawas dengan Jeroan Super Modern

Su-27SM3 – Jet Tempur Lawas dengan Jeroan Super Modern

Su-27SM3 bisa dikatakan lahir dari keterpaksaan. Bermula dari 95 kit airframe buatan KnAAPO siap rakit yang akan dikirimkan ke China, namun pengiriman tersebut gagal karena China membatalkan pembelian dan hanya mengambil 105 airframe pesawat Su-27 yang sudah dikirimkan sebelumnya.

Rusia akhirnya membeli airframe Su-27 tersebut dengan meminta modernisasi secara besar-besaran. Beberapa modernisasi termasuk pada rangka dan struktur yang diperkuat, mesin menggunakan AL-31F-M1 dan perangkat peperangan elektronik ‘New Complex Countermeasure’.

Ada beberapa upgrade dan modifikasi lain yang membuat Su-27SM3 sebanding dengan pesawat tempur modern produksi Barat, seperti Rafale, Typhoon dan f-35. Modifikasi tersebut diantaranya kemampuan menggunakan bom presisi bimbingan satelit GLONASS dan sistem monitoring kondisi pesawat otomatis KIS ‘Comprehensive Information System’. KIS pada SU-27SM3 adalah versi sederhana bila dibandingkan dengan sistem ALIS ’The Autonomic Logistics Information System’ pada pesawat tempur siluman F-35.

Su-27SM3 sepintas mirip dengan Su-35, namun keduanya berbeda pada sistem radar, avionic, mesin dan terutama pada rangka dan airframe karena Su-35 menggunakan airframe baru sedangkan Su-27SM3 menggunakan airframe lawas.

Tags: